Laman

Jumat, 19 Oktober 2012

Hubungan Antara Negara dan Warga Negara


Hubungan Antara Negara dan Warga Negara
Hubungan Negara dan Warga Negara ibarat ikan dan air yang memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat. Negara mempunyai kewajiban tetapi kewajiban itu tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari warganya. Dalam menjamin hak-hak warga, negara juga harus mejamin kenyamanan dan keamanan dalam proses penyaluran aspirasi warga melalui penyediaan fasilitas-fsilitas publik.
Seperti yang kita ketahui, Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut.
Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain.
Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah tersebut, dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada.

0 komentar:

Poskan Komentar