Laman

Jumat, 19 Oktober 2012

Pengrtian dan Sejarah Awal HAM


A.    Pengertian Hak Asasi Manusia

ü  Hak-hak yang melekat pada setiap manusia, yang tanpanya manusia mustahil datat hidup sebagai manusia (teaching human right/PBB)
ü  Seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan YME dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, peerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (pasal 1 UU No.39 tahun 1999 tentang HAM).

B.     Sejarah Awal Munculnya HAM

Manusia pada hakikatnya secara kodrati dianugrahi hak-hak pokok yang sama oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hak-hak pokok ini disebut hak asasi manusia (HAM). HAM adalah sebagai anugrah Tuhan yang melekat pada diri manusia, bersifat kodrati, universal dan abadi, berkaitan dengan harkat dan martabat manusia. Pada gilirannya, hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugrah Tuhan , dimana hak-hak asasi ini menjadi dasar dari pada hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang lain.
Umumnya kita, masyarakat Indonesia yang mayoritas agama islam (sebagai akibat dari pola pendidikan ala barat yang dikembangkan semenjak zaman penjelajahan Belanda dan di era republik pasca proklamasi kemerdekaan hingga kini) mengenal konsepsi HAM yang berasal dari barat. Kita mengenal konsepsi HAM itu bermula dari sebuah naskah Magna Charta, tahun 1215 di Inggris dan yang kini berlaku secara universal mengacu pada Deklarasi Universal HAM (DUHAM) yang diproklamasikan PBB pada 10 Desember 1948.
Padahal, kalau kita mau bicara jujur serta mengaca pada sejarah, sesungguhnya semenjak masa Nabi Muhammad SAW memperoleh kenabiannya (abad ke 7 M ) sebelum Magna Charta lahir sudah dikenalkan HAM  serta ditegakkannya HAM dalam Islam. Atas dasar ini, tidaklah berlebihan kiranya bila sesungguhnya konsepsi HAM dalam Islam telah muncul terlebih dahulu timimbang konsepsi HAM versi Barat, bahkan secara formulatif konsepsi HAM dalam Islam relatif lebih lengkap dari pada konsepsi HAM versi Barat.


DAFTAR PUSTAKA

Nasution,Harun dan Bahtiar Effendi.. Hak Azasi Manusia dalam Islam. Jakarta: pustaka firdaus. 1995.
Abul a’la Maududi, Maulana. Hak-hak Asasi Manusia dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2005
Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.  Pengantar Studi Islam. Yogyakarta. 2005.

0 komentar:

Posting Komentar