Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia
Kegiatan “pendidikan Islam” di Indonesia yang lahir dan tumbuh
serta berkembang bersamaan dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
sesungguhnya merupakan pengalaman dan pengetahuan yang penting bagi
kelangsungan perkembangan Islam dan umat Islam, baik kuantitas maupun kualitas.
Pendidikan Islam itu bahkan menjadi tolok ukur, bagaimana Islam dengan umatnya
telah memainkan peranannya dalam berbagai aspek sosial, ekonomi, politik,
maupun budaya.
Dalam melacak sejarah pendidikan Islam di Indonesia baik segi
pemikiran, isi maupun pertumbuhan organisasi dan kelembagaannya, tidak mungkin
di lepaskan dari fase-fase yang dilaluinya. Fase-fase itu secara priodisasi
dapat dibagi menjadi:
1.
Priode masuknya Islam ke Indonesia
2.
Priode kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam
3.
Priode penjajahan Belanda
4.
Priode penjajahan Jepang
5.
Priode kemerdekaan
Perjalanan yang
ditempuh dari priode ke priode berikutnya, baik dalam bentuk formal maupun
informal, tampak adanya kesamaan dengan alur pertumbuhan dan perkembangan yang
di alami atau ditempuh pada masa Nabi, Khulafaur Rasyidin dan seterusnya. Hal
ini dapat difahami, karena Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang
dari Timur Tengah. Bahkan dapat dikatakan bahwa pendidikan Islam di Indonesia
hingga kini masih berkiblat kepada pola pendidikan Islam di Timur Tengah, baik
ditinjau dari segi sistem, organisasi maupun kelembagaannya. Mengenai perubahan
dan perkembangan pola dan gaya pendidikan negara-negara barat pun tampak tidak
terlepas dari konsepsi yang dikembangkan oleh negara-negara Timur Tengah,
seperti Mesir. Hal itu disebabkan oleh karena pada umumnya ahli-ahli dan
tokoh-tokoh Pendidikan Islam di Indonesia terdiri dari mereka yang pernah
bermukim dan memperoleh Pendidikan di Timur Tengah (terutama dari Mekkah,
sebelum tahun 1900).
Namun
demikian tidak berarti, bahwa pendidikan Islam di Indonesia dalam arti
keseluruhan sama dengan yang ada di Timur Tengah. Lebih-lebih setelah merdeka,
maka sistem dan pola pendidikan Islam di Indonesia telah banyak mengalami
perubahan dan perkembangan yang sejalan dengan sistem dan pola pendidikan
nasional. Dengan perkataan lain bahwa sesudah Indonesia merdeka, pendidikan
Islam telah mengikuti alur kebijakan pendidikan nasional.
0 komentar:
Posting Komentar