Laman

Jumat, 19 Oktober 2012

Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia


Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia
Kegiatan “pendidikan Islam” di Indonesia yang lahir dan tumbuh serta berkembang bersamaan dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia sesungguhnya merupakan pengalaman dan pengetahuan yang penting bagi kelangsungan perkembangan Islam dan umat Islam, baik kuantitas maupun kualitas. Pendidikan Islam itu bahkan menjadi tolok ukur, bagaimana Islam dengan umatnya telah memainkan peranannya dalam berbagai aspek sosial, ekonomi, politik, maupun budaya.
Dalam melacak sejarah pendidikan Islam di Indonesia baik segi pemikiran, isi maupun pertumbuhan organisasi dan kelembagaannya, tidak mungkin di lepaskan dari fase-fase yang dilaluinya. Fase-fase itu secara priodisasi dapat dibagi menjadi:
1.       Priode masuknya Islam ke Indonesia
2.       Priode kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam
3.       Priode penjajahan Belanda
4.       Priode penjajahan Jepang
5.       Priode kemerdekaan
Perjalanan yang ditempuh dari priode ke priode berikutnya, baik dalam bentuk formal maupun informal, tampak adanya kesamaan dengan alur pertumbuhan dan perkembangan yang di alami atau ditempuh pada masa Nabi, Khulafaur Rasyidin dan seterusnya. Hal ini dapat difahami, karena Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Timur Tengah. Bahkan dapat dikatakan bahwa pendidikan Islam di Indonesia hingga kini masih berkiblat kepada pola pendidikan Islam di Timur Tengah, baik ditinjau dari segi sistem, organisasi maupun kelembagaannya. Mengenai perubahan dan perkembangan pola dan gaya pendidikan negara-negara barat pun tampak tidak terlepas dari konsepsi yang dikembangkan oleh negara-negara Timur Tengah, seperti Mesir. Hal itu disebabkan oleh karena pada umumnya ahli-ahli dan tokoh-tokoh Pendidikan Islam di Indonesia terdiri dari mereka yang pernah bermukim dan memperoleh Pendidikan di Timur Tengah (terutama dari Mekkah, sebelum tahun 1900).
Namun demikian tidak berarti, bahwa pendidikan Islam di Indonesia dalam arti keseluruhan sama dengan yang ada di Timur Tengah. Lebih-lebih setelah merdeka, maka sistem dan pola pendidikan Islam di Indonesia telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan yang sejalan dengan sistem dan pola pendidikan nasional. Dengan perkataan lain bahwa sesudah Indonesia merdeka, pendidikan Islam telah mengikuti alur kebijakan pendidikan nasional.

0 komentar:

Poskan Komentar